Kunjungi Blog terbaru saya corkismet - Coretan Kang Ismet - dan tinggalkan jejak sobat disana.

Kenapa Saya Rajin Ngeblog?

Hal-hal mendasar kenapa kita harus rajin update artikel.
Kenapa Saya Rajin Ngeblog? - Ada pertanyaan yang unik dari sahabat pengunjung blog saya ini, yang memicu saya membuat artikel ini. Inilah pertanyaan sahabat David Mancap :blogging
Mas, tanya donk... apa rahasianya kamu rajin banget ngeblog... ga capek atau males gitu??
Mungkin di antara sahabat yang lain ada yang menganggap saya rajin ngeblog, kenapa? ga cape? ga ada kerjaan? apa ada hasilnya? dan-lain-lain.

Akhir-akhir ini memang saya usahakan membuat satu artikel perhari atau per 2 hari. Tentunya bukan tidak ada tujuan, kenapa saya membuat target artikel dalam blog saya.

Sekilas Tentang Saya

Saya bukan ahli IT, bukan praktisi SEO, bukan pakar blogging ataupun sebagainnya. Jam kerja saya yang pasti, diluar kesibukan lainnya mulai pukul 07.30 - 12.30. Jadi, masih banyak waktu luang untuk berselancar di dunia maya.

Di sela waktu kosong itu lah, berbagai artikel saya telusuri baik sekedar membaca atau membuat artikel. Hanya info saja bagi sahabat, saya sudah kurang suka dengan Facebook, jadi sangat jarang sekali membuka FB.

Kenapa Rajin Update Artikel?

Ini hanya pengalaman pribadi saja, siapa tau ada manfaatnya buat sahabat yang membaca artikel ini. Beberapa alasan di bawah ini yang mungkin saya rajin untuk update artikel (kalau lagi rajin... hehe)

01Konsisten

Ketika kita sudah memutuskan untuk membuat blog, tentunya kita harus konsisten untuk mengisi atau mengupdate artikel. Itu pun kalau ingin postingan kita banyak dikunjungi dan berjaya di Search Engine seperti Google. Banyak orang yang sukses di dunia blogging karena konsistensi mereka dalam hal blogging.

Saya pernah membaca, orang Indonesia yang termasuk blogger sukses di kancah Internasional, tiap harinya mempublish 4 artikel, dan sudah siap dengan 20 Artikel yang siap publish untuk hari berikutnya. Inilah konsistensi.

Saya tidak seperti itu, karena banyak kegiatan yang lain yang harus saya kerjakan. Blogging hanyalah pengisi waktu luang bagi saya. Tapi setidaknya gambaran di atas memotivasi saya untuk 'mencoba konsisten' dalam hal blogging. Walau pun tidak saya pungkiri ada saatnya males untuk ber-blogging ria.

02Solusi

Ada di antara sahabat yang bertanya, bagaimana caranya ini, bagaimana caranya itu, dsb. Apabila solusinya telah saya tulis, saya tinggal menunjukan caranya. Akan tetapi apabila belum ada, otomatis saya membuat artikel baru sebagai solusi atau jawaban dari pertanyaan sahabat. Sekaligus saya berterimakasih kepada sahabat yang bertanya, karena saya menjadi punya bahan /ide untuk artikel baru.

03Dunia Internet Menjanjikan

Awal saya mengenal internet, kurang lebih tahun 2000-an. Akan tetapi awal saya memasang Speedy Home tahun 2008. Waktu itu saya belum kenal dengan dunia blogging. Saya lebih berkonsentrasi ke dunia Desain. Dan sampai saat ini sedikit2 saya masih menggelutinya.

Saya bilang dunia internet itu menjanjikan, ini bukan omong kosong... Moon maaf sebelumnya, bukan mau menyombongkan diri, hanya untuk memotivasi sahabat saja, kalau saya total dari mulai tahun 2008, penghasilan saya dari dunia internet lebih dari 100 juta, penghasilan terbesar saya dapat dari dunia Desain. Beberapa desain yang telah saya buat diantaranya : logo baru Kahitna, logo FitaFloor.co.uk, logo SouthPadreTrips.com, logo JobKatch.com, logo QuietLightBrokerage.com, kartu nama manager FireFox, beberapa banner dsb.

Terlepas dari dunia Desain dan kembali ke Blogging, sedikitnya blog saya pun menghasilkan,terbukti ada beberapa pemasang iklan di blog saya. Dengan kondisi ini tentunya saya harus mempertahankan rank blog saya.

04Fasilitas

Diantara faktor pendukung saya rajin update yaitu adanya fasilitas, ada beberapa laptop, desktop PC dan otomatis Speedy Home unlimited. Dengan berlangganan speedy unlimited ini, sayang dong kalau ga dipake :)

Mungkin beberapa hal di atas menjadi faktor pendorong, kenapa saya 'rajin' update artikel. Selain hal di atas, ada juga akibat blog ini saya tinggalkan. Pernah saya membiarkan blog ini beberapa lama tanpa update, maka akibat yang saya rasakan adalah :

01Peringkat di Search Engine Merosot

Setelah saya malas update artikel, begitu saya cek artikel saya jauh merosot pada pencarian Search Engine seperti Google. Tadinya berada di peringkat pertama, menjadi merosot menjadi halam 2, 3, 4 dst.

02Tidak Langsung Tampil di Google

Efek selanjutnya yang saya rasakan, ketika malas mengupdate artikel adalah Google tidak langsung meng-crawl blog saya, butuk waktu 1-2 hari baru artikel itu muncul. Setelah kembali rajin update artikel, maka artikel saya langsung muncul pada urutan pertama dalam hitungan menit, bahkan detik.

03Membosankan

Banyak blog yang sering saya kunjungi, baik lokal ataupun luar. Apabila blog tersebut rajin update, saya semangat dan sering mendapat informasi baru. Akan tetapi, ketika sebuah blog jarang update, hari pertama saya kunjungi masih itu, hari ke-2, ke-3, ke-4 masih itu juga, akhirnya membosankan. Lama kelamaan saya jarang mengunjungi blog itu

Belajar dari hal inilah saya mencoba membuat pengunjung supaya tidak bosan mengunjungi blog saya.

04Ditinggalkan Pengunjung

Seperti yang saya sebutkan di atas, hal yang buruknya blog kita akan ditinggalkan oleh pengunjung setia. Yang kita tunggu hanya kunjungan dari Google. Bagaimana akan mendapat kunjungan, ketika di google pun ada dihalaman 10 ke atas. Akhirnya blog akan sepi dari pengunjung dan jelek di mata Search Engine.

itulah beberapa pengalaman saya yang bisa saya bagikan pada sahabat semua, semoga sahabat bisa mengambil hikmah dari apa yang saya uraikan di atas.

Happy Blogging.....

Untuk mendapatkan update terbaru di Dasbor Blogger, silahkan ikuti Blog ini

93 komentar

1. Komentar ini, diurutkan dari yang terbaru
2. Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan
3. Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan kunjungi Ruang Obrolan.
4. Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
  1. Ya persis seperti itu yang saya kerjakan sekarang kang. Karena saya kerja di rumah dari pagi sampai sore, blogging saya lakukan di sela-sela waktu kerja. Ketika mulai jenuh bekerja saya alihkan ke blog...begitulah hehehe...
    Untuk konsisten itu pas banget, saya juga berusaha untuk terus konsisten sebagai rasa tanggung jawab saya terhadap blog yang telah saya buat.
    Dengan blogging saya mendapatkan hal-hal dan ilmu baru juga sahabat2 baru.
    Bedanya dipenghasilannya kang hehehe...belum mendapat hasil yang menjanjikan ...
    1. sama berarti pengalamannya sob... kalau penghasilan sih ga jadi patokan :D
  2. terimakasih kang saya jadi termotivasi, semoga sukses selalu kang :D
    1. sama2 sob.... tapi tetep ingat tugas utama kita lho :D
  3. ya semoga gak bener-bener ditinggalin #ngarep

    diblog yg dulu aku jarang update, yg skrg juga lumayan sih .. lama-lama bosen juga , tapi kalo ada maunya misalkan cari info-info apa gitu nanti mulai semangat lagi, apa lagi kalo blog rame jadi semangat. :D .
    1. mudah2an jeng... mudah2an rame trus.. sering blogwalking juga Insya Allah jadi rame :)
  4. wah pengalaman yang menarik mas :D perlu di contoh nih :D
    1. semoga jadi inspirasi sob
  5. bisa jadi motivasi nih...
    1. terimakasih sob....
  6. Makasih kang..berbagi semangat nih...kebetulan akhir-akhir ini lagi malas update artikel.
    Kalau niat buat penghasilan lewat blog pasti harus rajin update Kang.
    Penyakit satu ini malas seringkali menghinggapi saya ini
    1. ya... kalau blog cuma recehan aja sebenarnya... :) gara2 blog juga saya pernah jadi pemateri di salahsatu acara :)
  7. ,hasilnya itu lho kang wow, sampe bisa buat umroh..hahahay
    kang ismet kloq design pake software apa?
    photoshop/corel?
    1. hehhe... corel, photosop, sama AI sob...
  8. Setuju kang :D
    1. hehehe... makasih sob...
  9. |o| kang ismet dewasa pisan ! .. mantaaaap :-bd
    1. aduh aya desainer... janten isin :)
  10. mungkin yang membuat saya jarang update adalah karena koneksi internet saya........
    1. |o| senasib kita sob,,
      tapi setelah baca artikel ini, rasanya saya jadi semangat lagi untuk update blog saya
      makasih tipsnya kang :D
    2. setuju sama mas abdul .. hehe .. karena koneksi internet saya ..
      seperti yg diupdatte kan di blog Mas Sugeng .. 'Smartkampret '
  11. Alhamdulillah...saya jadi semangat nih Om. mksh tips nya :-bd
    1. sama2... smoga bermanfaat
  12. Jam waktu kosongnya lumayan juga Mas,tapi itu dia Mas saya biasa rajin ngeblog tapi yang jadi masalah ide untuk postingan selalu saja susah untuk dicurahkan,terkadang mesti cari-cari info atau browsing-brwosing di beberapa web baru muncul ide atau gagasan baru yang bisa jadi acuan untuk posting. :)
    1. saya pernah baca satu arikel, jangan pernah biarkan ide itu hilang.... intinya catat pake notepad atau bookmark, yang kira2 bagus untuk postingan :)
  13. bener kang...sebenarnya saya juga sama pingin seperti kang ismet,tp karena kerjaan yang tidak memungkinkan saya cuman update dua hari sekali,..
    1. utamakan pekerjaan sob... blogging itu no kesekian..
  14. :-bd, sangat termotivasi kang, memang dunia internet sedang booming, berkat internet juga kita bisa bersilaturahmi, sharing, dll
    thanks kang Ismet, semoga makin sukses aja
    1. Amiin... makasih sob... semoga silaturrahminya ga putus2
  15. Ikut nimbrung Kang.
    Ngeblog masih menebak-nebak sambil mengisi waktu luang. Saya menyasar ke sini karena lagi bahas Akang :)
    Salam kenal.
    1. silahkan sob.. bahas apaan ya :D
  16. 1 hari 1 artikel aja saya kira bagi saya cukup asal internet dan waktu mendukung haha, udah lulus SMP cari SMA dulu deh jadi ditinggal dulu aktivitas bloggingnya :D
    1. salute deh.... baru lulus SMP sudah jago ngeblognya :-bd
  17. Maaf Kang OOT ini : Tadi saya barusan berkomentar disin,kok tiba-tiba lenyap ya komentar saya,apa masuk spam?
    1. wah ga tau sob.... itu kena sistem dari blogger aja
  18. manteeep bang, mmg kalau jarang update gitu, pasti di search engine merosot aku juga dulu pernah curhat tentang masalah ini :D
    1. iya sob... ancur di SE
  19. yg memotivasi saya adalah ketika saya jenuh dengan FB ,bukannya nyalahin FB kang tapi saya sering berantem gra2 FB makanya saya pindah ke blog, saya ngeblog baru 6 bulan kang .. dgn membaca ini saya jadi yakin kalau bloging bisa menghasilkan uang . walau terkadang saya suka pesimis karena saya gak yakin pada potensi bloging saya . haturnuhun kang
    1. xixixi... betul sob.. FB kadang2 jadi masalah :)
  20. saya mah kalo memang ada yg di bagi ya bagikan, kalo gak ada mah ya diam gak mosting :D
    1. tapi salut kang ben.. aya wae ide na
  21. Meta siang kang. Kenapa ya klo form komentar blog ini gk ada saat di akses lewat opmin tapi dari ucweb bisa tampil.
    1. saya belum tau malah... nanti saya coba liat permasalahannya
  22. wah,,hebat ya bisa dapet 100 juta,,, @@, top dah
    1. buat motivasi aja sob.... :)
    2. Lewat hp kang klo ucweb bisa tapi klo pake opmin ilang....ini juga bisa koment lewt ucweb
  23. Wah, hebat banget nih kang ismet. Saya jadi termotivasi kang ismet. Terus semangat ngeblog ya mas, sukses selalu :) Saya terus mendukung kang ismet selalu, hehehe :D
    1. xixixi.... tengkyu sob.. kaya pilkada aja
  24. |o| Dapat semangat baru... Awalnya sih mau udahan aja nulis, akhirnya hanya bisa kopas, dan akhirnya banyak ditinggal pengunjung... Akhirnya males mau nulis, akhirnya buang-buang waktu...
    [catatan]Ngeblog adalah sebuah seni, seni tidak untuk mencari uang, tapi mencari kedamaian jiwa. (Syukur2 dapat uangnya juga :P)[/catatan]
    1. setuju... uang bukan tujuan blogging sob.. :D
  25. Kalo aku malah pernah membiarkan hampir 1 tahun dan hingga aku aja lupa email ama passwordnya. Keputusan untuk menyalurkan hobi ngeblog, aku buat lagi Nemu Kabar. Tapi agak bingung. Dari data statis aku lihat pengunjung lumayan, tapi tabel batangnya kok pendek2 banget.
    Mungkin kang ismet bisa kasih solusi ?
    1. mungkin cari kata kunci yang bagus sob... sama optimasi SEO nya jangan lupa
  26. Ijing lewatt masss :)
    1. *ijinnnn maksudnyaa #kaborrrr :p
  27. wahhh salut nih buat kang ismet membuat saya bisa menjadi lebih semangat lagi dalam dunia blogger :-d
  28. Mantab nih motivasi si akang buat nge-blog. Kalau saya nge-blog, karena memang saya diciptakan di dunia ini supaya kemudian bisa menjadi manusia yang bernilai. Ehh..perasaan gak nyambung deh! Hihi..pisss kang :D
    1. hahahah... oleh karena itu makanya demikian :)
  29. Terimakasih, kang ! Itu lumayan memotivasi saya untuk tetap semangat blogging !
  30. |o| Mantap :-bd artikel ini saya sangat setuju.
  31. wah saya harus banyak belajar nih sama kang ismet supaya bisa sukses menggeluti dunia blogging. Mohon saran dan bimbingannya kang :D
  32. dari artikel di atas, saya jadi ingin lebih tahu gemana ceritanya kang ismet bisa buatin kartu nama manager firefox. Kan indonesia sama eropa jauh banget. Kenalannya gemana? jadi penasaran ceritanya sampe bisa buatin kartu nama untuk manager firefox. Bukannya desainer eropa juga ada? kok bisa malah kang ismet yang buatin ya? Kasih tahu dong ceritanya. Mungkin bisa memotovasi.
    1. Awalnya saya ikut lomba di 99designs.com dan logotournament.com ya dari situlah, ada yang contact langsung, ada yang menang lomba.. :)
  33. Kang, itukan saya yang nanya :p wahahha dibikin juga artikelnya :D
    Thanks kang
    1. Tambahan: Boleh minta cara membuat kotak komentar begini gak? Yang bagus gitu :D
  34. wah mantap bisa jadi motivasi ane ni untuk rajin ngeblog..........................

    thanks kang ismet
  35. Waduh 100 Juta gile aje , mantap tuh kang , sukses selalu
  36. jujur saya sangat termotivasi kang :)
    1. makasih kalau bermanfaat sob...
  37. semenjak saya kenal dengan yang namanya Blog, saya juga arang sekali membuka yang namanya Facebook.
  38. Hebat kang ismet bisa memotivasi saya di blog fantasiku.com
    1. mudah2an tambah rajin ngeblognya :)
  39. Kang Ismet ini orangnya low profil banget, saya suka blog ini.. Banyak ilmu yang bisa saya gali dari blog ini kang
  40. Ya memang faktor-faktor diatas yang menunjang kita rajin ngeblog, kalau saya lebih mempreoritaskan untuk menambah pengalaman kang :D
  41. waw amazing
  42. waw amazing
  43. Artikelnya keren, jadi termotivasi... Mampir yuk : www.kursusmudahbahasainggris.com
  44. sedikit termotivasi nich
    setelah baca dari awal hingga akhir....
    keren artikelnya kang
  45. terima kasih sudah berbagi pengalamnannya kang, alhamdulillah saya bisa mendapat motivasi :-bd
  46. pengalaman yang bagus dan sangat menarik sukses KI
  47. Tertarik sekali pengalaman yang bisa bikin semangat ngeblog, akhir-akhir ini malas sekali, traffic turun
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.