Kunjungi Blog terbaru saya corkismet - Coretan Kang Ismet - dan tinggalkan jejak sobat disana.

10 Kesalahan Yang Harus Dihindari dalam Optimasi SEO

Hindari 10 Kesalahan dalam Optimasi SEO, untuk mendapatkan peringkat pertama pada pencarian mesin pencari seperti Google.
10 Kesalahan Yang Harus Dihindari dalam Optimasi SEO - Mesin pencari seperti Google merupakan hal yang masih menduduki rangking pertama, ketika seseorang ingin mencari sesuatu bahkan pemecahan masalah. Masih banyak di sekitar Anda yang berkata "Cari aja di Google, pasti ada". Bahkan candaan temen saya sampai bilang kaya gini : "Google teh guru urang sadayana" (Google itu, guru kita semua)... hal itu karena Anda akan mendapat apa-pun di Google.
hindari kesalahan dalam SEO
Tentunya, siapapun orangnya rekan Blogger pasti ingin mendapat Ranking 1 di pencarian Google, bahkan bertahan lama ada di halaman pertama pencarian. Menurut Pratik Dholakiya, direktur SEO dan Marketing E2M Solutions, ada 10 Kesalahan yang harus dihindari dalam Optimasi SEO.

Kesalahan Pertama : Mengabaikan UI/UX

UI (User Interface) dan UX (User Experience) merupakan hal yang mendasar dalam mendobrak sebuah website di mata Search Engine.

User Interface dalam sebuah web/blog, meliputi bagaimana penyajian blog atau web itu mudah difahami cara kerjanya. Blog tidak harus WAH... akan tetapi memudahkan pengguna, bagaimana menelusuri blog tersebut, baik navigasi, artikel terkait dll.

User Experience adalah bagaimana pengalaman pengunjung dalam memahami blog kita. Tatanan bahasa yang baik, solusi yang ditawarkan, dll.

Semakin baik UI/UX sebuah blog/web, maka pengunjung akan merasa nyaman menulusuri halaman demi halaman web, bahkan akan kembali untuk kesekian kalinya.

Kesalahahan ke-2 : Blog Lambat Diakses

Kalau Anda mempunyai internet yang cepat, jangan samakan pengunjung dengan Anda. Masih banyak mereka yang mengunjungi blog anda dengan kecepatan yang merayap. Semakin lama blog Anda dibuka, maka semakin cepat pengunjung akan meninggalkan blog Anda.

Saran saya, hindari widget yang memberatkan bahkan tidak berguna. Sebagai contoh, widget jam. Untuk apa memasang widget jam, toh pengunjung blog kita di depan mereka ada jam, di layar monitor mereka ada jam, di tangan mereka ada jam. Itu hanya contoh, silahkan pasang widget sesuai keperluan blog kita.

Kesalahan ke-3 : Tidak Peduli dengan Sosial Media

Sosial Media masih merupakan hal yang penting untuk popularitas sebuah web, berapa banyak pengunjung yangmengunjungi web Anda karena link yang ada di Facebook, Twitter, dan Jejaring sosial lainnya?

Bahkan kabarnya, beberapa Search Engine seperti Google menggunakan alogaritma yang memungkinkan sebuah web/blog berada di halaman pertama, ketika banyak diakses dari SosMed.

Kesalahan ke-4 : Konten Blog Tanpa Nilai

Mesin pencari didesaian untuk mendeteksi seberapa banyak satu artikel memecahkan masalah, artinya semakain artikel yang anda buat berarti bagi pengunjung, maka akan baik juga di mata Search engine.

Hal ini juga berarti ketika kita membuat sebuah artikel, maka akan ada solusi yang lebih dari artikel yang ada di blog lain. Apabila Anda tidak bisa melakukan hal ini, artinya apa yang Anda tulis anda tidak menguasainya, lebih jeleknya lagi hasil copy paste.

Blog semacam ini akhirnya akan mencari blog yang tenar, ber Page Rang tinggi, dan memasang link pada blog-blog tersebut, dengan berharap dapat kunjungan dari blog besar tersebut.

Kesalahan ke-5 : Mengutamakan Mesin Pencari daripada Pengunjung

Anggapan yang salah ketika sebuah artikel dipenuhi dengan kata kunci untuk mendapatkan ranking pertama di halaman pencarian. Ya... mungkin pada awalnya bisa jadi menduduki halam pertama, akan tetapi ketik pengunjung sudah mengetahui karakteristik web tersebut, maka saya jamin tidak akan ada pengunjung yang ingin kembali ke blog tersebut.

Seperti pernah saya tulis tahun 2010 lalu, saya sering menemukan web sampah, yang isinya hanya berputar-putar dengan kata kunci (baca: Seberapa pentingkah Alexa dan Pagerank?).

Kesalahan ke-6 : URL yang Tidak Beraturan

Diantara sekian hal yang menyebabkan URL tidak beraturan diantaranya adalah :

Banyaknya halaman yang isinya sama atau menyerupai -  Hal ini biasanya diakibatkan karena tidak kontrol akan isi blog, copas, akhirnya banyak terjadi artikel yang sama.

URL Dinamis - Banyak tutorial yang menyatakan bahwa meta tag dinamis sangat baik untuk SEO, padahal hal ini akan membingungkan Mesin pencari dalam memahami struktur blog Anda. Dengan Meta tag dinamis, mengakibatkan URL dinamis pula. Idealnya sebuah web/blog, tag H1 hanya untuk judul blog dan hanya satu. Akan tetapi ketika menggunakan Meta tag dinamis, judul postingan akan menjadi H1, hal ini sangat tidak dianjurkan.

URL yang tidak sempurna - Biasanya hal ini terjadi karena judul yang terlalu panjang, sehingga URL akan terpotong. Sebagai contoh, Anda membuat artikel dengan judul : Cara Yang Paling Cepat dan Mudah Mendapat Ranking Satu di Google, ketika anda publish maka URL akan terpotong, misal : http://namablog.com/2013/05/cara-yang-paling-cepat-dan-mudah-mendapat.html.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada 2 alternatif, yaitu pertama gunakan judul yang pendek, kedua gunakan tautan permanen khusus yang disediakan oleh Blogger.

Redirect - Redirect atau pengalihan dali halaman satu ke halaman lain. Bagi pengguna blogspot hal ini telah diberikan kemudahan oleh fihak blogger. Akantetapi sekiranya tidak diperlukan, jangan lakukan pengalihan. Hal ini akan menyebabkan Search Engine membaca URL yang baru.

Kesalahan ke-7 : Tidak Mengklaim Kepemilikan Google+

Google+ merupakan jejaring sosial milik Google, oleh karena itu lakukan otorisasi kepemilikan pada blog Anda. Dengan meklaim kepemilikan blog, maka akan bertambah kepercayaan google terhadap blog tersebut dan akan menampilkan avatar kita pada pencarian Google.

Diantara cara mengklaim kepemilikan, yaitu dengan menyimpan meta tag publisher pada blog kita, contoh
<link href='https://plus.google.com/113292956133224747560' rel='publisher'/>

Kesalahan ke-8 : Membangun Link yang Terlalu Cepat.

Diantara hal yang memperkuat posisi kita di Search Engine adalah link building. Akan tetapi link yang terlalu cepat, diantaranya dengan menggunakan software tukar link, sangat berbahaya. google memahaminya tidak realistis.

Link yang baik adalah link yang dibangun dengan alami, bukan link manipulasi.

Kesalahan ke-9 :  Tidak Peduli dengan Pemasaran Konten

Menurut pakar SEO, pemasaran konten perlu dilakukan baik di jejaring sosial, email, forum dll. Akan tetapi hindari pula spamming. Pemasaran konten bukan artinya spam. Pemasaran konten artinya memperkenalkan artikel Anda ke teman-teman, komunitas, dll.

Misalkan kita gunakan Facebook untuk memperkenalkan atau memberi tahu artikel yang kita buat, sebut saja teman FB anda berjumlah 800 orang. Ambil 10% saja mereka mengunjungi tautan Anda, maka link anda akan naik di mata Mesin Pencari.

Kesalahan ke-10 : Mengikuti Petunjuk yang Salah

Banyak artikel tentang SEO bertebaran di internet, Anda harus bisa memilah dan memilih, bahkan harus konsultasi kepada orang yang telah mengerti akan SEO. Tidak semu tutorial disajikan benar. Lihat saja poin 1, 4 dan 5. Berapa banyak blog yang menyajikan tutorial, tanpa mengerti apa yang sebenarnya ia tulis, karena memang artikel sampah, copas dsb.

So... dari 10 poin di atas, berapa banyak kesalahan yang sobat lakukan? silakan benahi satu per satu, supaya kualitas konten dan SEO nya semakin yahuuuuuud....

Semoga bermanfaat.

Source : SEJ

Untuk mendapatkan update terbaru di Dasbor Blogger, silahkan ikuti Blog ini

104 komentar

1. Komentar ini, diurutkan dari yang terbaru
2. Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan
3. Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan kunjungi Ruang Obrolan.
4. Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
  1. hihihi kalau aku gak terlalu mainin seo lebih fokus ke desain :D
    1. tapi sudah mencukupi hal di atas kan intinya ;)
    2. mungkin hehhe
  2. Pencerahan yang sangat berguna kang...
    Kita memang harus terus belajar membangun blog, tidak hanya skill design blog, juga SEO dan yang terpenting akhlaq-nya ya kang...
    1. eta pisan kang... akhlaq nu pang utamina mah.
  3. wah terima kasih pencerahannya kang...
    saya pribadi membuat blog tujuannya hanya ingin menulis apa yang dipikirkan tanpa terlalu memikirkan SEO, walau berusaha juga menerapkan sebisanya...tapi hasilnya tidak terlalu saya pikirkan.
    Tapi setelah membaca poin-poin di atas, walau bagaimanapun ternyata SEO itu penting ya...tapi jujur saya pusing kalau terlalu berkutat dan SEO itu hehe
    1. tidak bisa dipungkiri sob.. SEO itu penting dalam sebuah blog.. bagaimana akan mendapat kunjungan dari search engine kalau seonya ancur
  4. Keren banget tips SEO-nya, kang.
    Btw, link manipulasi tuh yg kek gimana ya, kang?
    Apa link dari hasil beli-belian, gitu?
    1. maksudnya bukan link yang terbangun secara alami sob, semacam spam gitu deh
  5. thanks infonya kang, sy baru belajar seo
    1. sama2 sob.. saya juga masih harus banyak belajar tentang seo ko
  6. terimakasih banyak mas info nya , perlu d hndari nih biar blog ramai kayak pasaarr ..
    1. enak dong dagang di blog... wkwkkwk
  7. kang punya saya pakenya tag rel='author' bukan rel='publisher' itu sama gk kang..??
    1. sama aja sob...
  8. Tepat sekali kang dengan pertanyaan saya tentang SEO kemarin, hehe:)
    1. nah itu sob.. karena sobatlah adanya artikel ini.. thanks buat masukannya
  9. harus memang untuk dihindari, ngeri uy
    1. serem ya.. kalau dibilang ngeri, padahal ga seserem yang diperkirakan ko
  10. wah, memang betul mas, yang penting pengunjung jangan hanya SEO blog saja. Artikelnya harus bermanfaat juga buat pengunjung, keep posting mas.
    1. betul sob, sebagaimana saya tulis dalam poin 4 dan 5
  11. terima kasih tipsnya kang, wah tampilan blog kang ismet wajah baru
    1. sama2...berarti baru berkunjung lagi ya....
  12. Betul sekali Mas saya sangat setuju,dari keterangan yang Mas paparkan sebenarnya sudah menjadi pedoman saya dalam ngeblog ini Mas,saya mencoba memberikan informasi akurat dan tepat,dan tidak membuat pengunjung tidak terjebak dan sulit mendapatkan inti dari topik artikel yang dibahas.

    Umumnya yang saya lihat sekarang banyak web ataupun blog cuma memikirkan bagaimana dan kapan blognya bisa cepat dan mendapat posisi bagus di search engine google,padahal semua kuncinya terletak pada artikel yang unik,bagus rapi tidak mengulang-ngulang kata kunci yang sama atau pun kata yang digaris bawahi terus diulang-ulang tentunya membuat artikelnya menjadi artikel Spam karena berisi hal atau informasi yang kurang enak dibaca dan jarang memberikan inti atau manfaat dari artikelnya.

    Maaf Mas kalau panjang saya cuma sharing dari beberapa blog yang ada saat saya kunjungi.Sebelumnya terima kasih Mas sudah mengingatkan kembali kesalahan yang harus diperhatikan dan pelajaran penting dalam optimasi seo yang ber…
    1. waduh panjang amat.. ya begitulah sob, sebenernya hal ini sudah banyak yang tau... cuman kadang2 lupa.. makanya saya mengingatkan kembali :)
    2. Iya Mas,gpp Kan :)

      Terima kasih Mas udah mengingkatkan serta mengangkat masalah yang harus diperhatikan dan dihindari dalam hal optimasinya.
  13. Kesalahan yang sering saya lakukan. Hehe maklum pemula kadang ambisi lebih tinggi gak sabr biar cepet rame. Hehe.
    1. belajar sedikit demi sedikit sob, biar berjaya di SE
  14. Kalo saya tidak terlalu menekankan SEO, intinya isi blog dapat mudah dipahami buat pengunjung ....... btw nama font blog Kang Ismet apa yaa .... ????
    1. Harusnya SEO-Blogz isinya otimasi tentang SEO ya... :)
      font yang saya gunakan Source Sans Pro
  15. thankss mas tipsnya..
    waduh punya saya judl postnya h1, ketika saya ganti jadi h2 semua ko ga muncul yaa... ?
    harus rubah tg headingnya nih,, masih berantakan.. :D
    1. iya harus dibenahi lagi sob, kalau blog saya seperti di atas, h1 hanya judul blog, h2 judul artikel.. hasilnya lumayan memuaskan coba test https://www.google.com/search?q=Kesalahan+Yang+Harus+Dihindari+dalam+Optimasi+SEO
    2. kalau keywordnya begitu saya juga posisi 1 kang.. :D hehe

      membuat desain menjadi responsive
    3. kalau ganti keyword "membuat desain responsive"? masih ada sob :)
      coba keyword "kesalahan dalam seo" atau "kesalahan optimasi seo"... masih halaman 1, kalau kesalahan seo jadi hal 3.. wkwkwkkw. ya intinya SEO friendly sob..
    4. wkwkw iya si.. :D
      saya masih gelap nih..
      kenapa judul post pasa saya ganti jadi h2 judulnya malah ilang..
      padahal di markupnya sudah saya ganti juga..
      soalnya saya kurang memeperhatikan SEO... :D
      pas tau begini jadi gelap dh.. :(
  16. maaf kang mau tanya, bikin tampilan komentar kaya gini gimana ya? atau bisa buat tutorialnya kalo bisa kang? :D
    makasih sebelumnya, :)
    1. kaya gini apanya ya? warnanya, posisinya, teksnya? :)
    2. tampilan keseluruhan bagian komentar darinya kang, gimana ya? ada tutorialnya kah? :)
    3. banyak tutorialnya, bisa dicari ko... tapi satu persatu
  17. Kang Ismet, mohon izin copas artikelnya, buat arsip saya "artikel SEO" yang sewaktu-waktu perlu dibaca ulang. Maklum kalau baca langsung di monitor suka cepet ngantuk. (masih perlu pake "print-out"), he-he-he.
    Terima kasih kang, artikelnya sangat berguna, terutama buat saya yang awam SEO. Memang saya kira asal desainnya keren, ... udah deh,
    1. silahkan sob.. :)
  18. terima kasih sob artikelnya jadi pertimbangan berharga untuk pengembangan blog
  19. Kang, mau konsul donk.
    Ini blog saya, "NEMU KABAR", trafik pengunjungnya sih lumayan. Bahkan lebih tinggi dari jumlah visitor blog saya yang lama. Blog yang lama tak perlu waktu lama, udah bisa dapetin pagerank 1. Tapi yang satu ini, "Nemu Kabar", meski tiap hari selalu 6-9 Visitor online dan bahkan bisa nembus 170 visitor san 200an pageview, tapi kok rangkakannya makin panas dingin.

    Aku ngukurnya dari traffic "BLOGLOG". Ada pencerahan lebih lanjut, apakah memang SEO saya yang berantakan?
    1. emang usianya udah berapa lama sob? tinggalnunggu waktu aja kayaknya.. itu bagus udah dapet SiteLink dari om gugel :)
  20. Tambah keren kang tampilan blog maupun kontennya

    Saya pernah mengalami judul terlalu panjang, ada solusi lain tidak selain yang disebutkan di artikel
    1. kalau sekarang, gunakan tautan permanen khusus aja sob..
  21. Kang Minta sarannya donk,,
    Blog sya knpa sepi pengunjung ya???
    Apa ada yang kurang???
    Ni blognya http://devilsabers.blogspot.com

    Mohon bimbingannya ya kang,,
    Via email : devilsabers.blogspot.com
    1. banyak yang harus dilakukan sob, diantaranya :
      - sering blogwalking
      - ping situs
      - kirim artikel ke social media
      banyak lagi sob, coba cari di gugel :)
  22. mantap bangismet (y) artikel yg bagus
    1. makasih sob... semoga bermanfaat buat sobat
  23. Nambah inspirasi lagi deh
  24. aduh kang berarti selama ini saya salah kang ...
    terimakasih kang uda dikasih artiklenya
    1. sama2 sob.... sedikit2 memperbaiki kesalahahn
  25. bagus ni artikel nya . buat berbenah blog.
    klo buat riset keyword sya sampai skrg blum trlalu paham kang, itu gmna ya ? :D

    satu lg nih kang, :D cara memperbaiki "IFrames: Bad: IFrames are not indexed at all, and you have 3" yang ada di chkme itu gmna kang?
    cari google blum ktemu".
    1. saya juga masih belum terlalu faham ko masalah per SEO-an.. kalo yg di chkme, biasanya itu karena ada iframe di blog kita, sprti Facebook like box
  26. thanks tipsnya mas ;) harus dicoba nih
  27. menambah inspirasi nih .. artikelnya bagus :)
  28. Overall saya sudah pernah baca di SEO starter guide edisi 2013 mengenai optimasi SEO ini, dan terkadang saya kaget bahwasanya element-element kecil yang kita sering anggap gak penting atau gak begitu penting ternyata justru cukup krusial sebagai pendongkrak SEO.

    Boleh nanya sedikit ya kang, menurut kang Ismet pribadi sevital apa sih Author Rank dalam hubungan nya u/ meningkatkan PageRank? Sekedar pengen tau aja kok.. Thanks anyway :D
    1. penggunaan author terhadap pagerank menurut saya ga terlalu pengaruh, soalnya pengalaman pribadi, ada blog saya tanpa author pageranknya tinggi... tapi masih kalah di SE...
  29. terimakasih sharenya gan, tentunya artikel ini merupakan sumber koreksi diri untuk blog saya, Dan saya kira memang benar apa yang tertulis di atas
    1. sama2 sob... kita semua masih perlu banyak belajar ko...
  30. saya rasa yang paling penting untuk blog saya adalah masalah h1 di judul postingan. Saya baru tahu ternyata bila judul postingan memakai h1 tidak seo friendly, karena dapat membingungkan SE gugel. Yang mau saya tanyakan mengapa dapat membingungkan ya? cara kerja yang pasti kenapa kok bisa membingungkan itu gemana? mohon pencerahannya...
    1. intinya google membaca blog kita dengan robotnya, dan sudah membaca peta yang ada di blog. Aturan tag h1 adalah untuk judul blog. Ketika menggunkana meta tag dinamis, maka judul postingan akan berubah menjadi h1... akhirnya akan terdeteksi h1 yang selalu berubah dan tidak konsisten.
  31. untuk Kesalahan yang ke 6 dan ke 7, saya masih gk paham tuh Kang :D :D :D
    1. kalau yang 6 kayaknya jelas ko sob, yang ke 7, kalau blog sudah di klaim, biasanya ketika pencarian google akan muncul foto pemilik blog
  32. Hmmm...saat ini memang banyak sekali tutorial SEO yang aspal, tapi saya suka gaya penulisan kan ismet yang santai dan tidak menggurui, salut buat kang ismet... :-bd
    1. makasih sob :)
  33. Masih bingung sama yang nomor.7 padahal kang ismet sendiri masang, tapi kok suruh dihindari ?
    1. coba dibaca lagi.... justru blog itu harus diklaim kepemilikannya :)
  34. ohh gituu yaa,,, jadi harus lebih hati-hati lagi nih,, hhee
    makasih info nya bermanfaat banget untuk penelitian saya,, ;)
  35. wah boleh juga nih kk salam kenal kk http://gieachmad.blogspot.com/ saya tunggu kunjungannya
  36. Kang, saya mau nanya. Judul postingan saya kan tagnya <h1... lebih bagusnya tag <h2 atau <h3?
  37. thangkiu infonya :)
  38. hihihii belajar SEO menarik juga ya... Walapun saya banyak kesalahan karena asal saja baca artikelnya heheh

    Salam kenal dan terimakasih
  39. ingin nanya pada point ke 7 ..
    rel='publisher'/> dgn rel='author'/> beda atau sama kang ..?
  40. Izinkan saya menjadi muridmu kang hahahah
    Nice... 5 dari 10 alasan diatas masih saya lakukan, dan nanti sepulang tour de Jawa Timur saya perbaiki.
    Maturnuwun
  41. Keren gan Bermanfaat
    Pingin Beli Jersey grade ori buat jalan2,nobar dan futsal? Murah meriah Barang berkualitas dan terpercaya? Kunjungi hanya di faza jersey store www.jualjersey1.blogspot.com
  42. Terima kasih kang.. beruntung masuk link akang.. mendapat informasi berguna.. lagi belajar cara menjadi blogger baik...
  43. Seo.. ? kapan blog saya jadi no 1 di mesin pencari... hehe
    1. besok... :D percaya ka si akang mah jagoan lah
  44. manfaat pisan kang tiasa jadi pedoman kanggo nga blog :D
  45. Simak 10 tentang SEO penting sekali buat blog saya
    Makasih Kang Ismet :-d
  46. Ke sentil jg neh ane sm Bos Ismet. :)
    Ane perna mmpromosikan tempe zikazev d blog trus ada yg bertanya cara merubah posisi kotak pencarian dr kanan k tengah.
    Ane langsung bengong :O
    Boleh ane tau cara mengeditny bos Ismet?
  47. hihi untung saya nemo blog ini , soal.a dari kemarin bingung, cari mengklaim kepemilikan blog..
    thanks kang ismet, hii
  48. oh, ternyata seperti itu... ada cara khusus memperlakukan web
  49. Dilihat dari kesalahan no6 soal URL yang tidak sempurna,
    Apa pengaruh juga kang sama lama terindex googlenya ga yah?
    Soalnya saya beberapa hari ini coba badingkan di SE dengan kata kunci judul blog yang pendek cepet ke index, tapi kalo judul artikelnya panjang ky kereta mau di next sampe page berapapun ga ketemu :ngakak:

    Maaf yah kang kl browserku keasikan parkir disini ^_^
    Di blog kangismet saya dapat banyak pelajaran, blogger newbie ky saya sangat membutuhkan panduan. :-d

    Salam kenal...
  50. Blog saya masuk dalam poin kesalahan pertama sampai keenam, dan kesembilan hingga kesepuluh. Sepertinya blog saya harus mulai berbenah diri nih :) belajar dari blognya kangismet.net

    Terima kasih atas pencerahannya kang,
  51. nah ternyata disini setelah saya nunggu penjelasan tentang pembahasa problem seo yang dulu pernah di perbincangkan dengan kangismet. makasih kang :D, sekarang baru dapet jalan keluar nih, di tunggu google hangout nya, kita ngopi-ngopi bareng lagi kang . kangen kang is nih.. wkwkw
  52. Blog saya ad beberapa artikel yang saya tulis ulang, tapi ttap saya kasih sumbernya, itu gimana ya Kang...
    1. ya mungkin menurut saya itu tetep ke index sama gugel , cuman gak seoptimal artikel dari blog pertama yang posting kang gunnawan. :)
  53. Aslm.kum.kang ismettt....wah...tutorialnya ajib nih. Kang saya mau tanya.klo keyword otomatis itu maksudnya apa ya.maslhnya saya dapet template premium nah gk ada meta keyword dan deskripsinya yg harus sy isi layaknya template sebelum2nya.
    Menurut akang kumaha itu yah.
    Klo bersedia ikhlas saya minta tolong kunjungi blog saya kang.kali aja ada masukan. Di blog akses bisnis . Alamat url ente ane borkmar nih . Nunggu jawabanya. Hehehehe.
  54. hatur nuhun pisan, Kang Ismet. kaangge artikelna, pol...
  55. tips yang bagus kang, lanjutkan hehehe
  56. baru ketemu artikel seperti ini,
    makasih banyak kang, matur nuhun
  57. info bagus gan
  58. Maaf kang saya mau tanya, berarti untuk judul postingan itu h2 ya kang bukan h1. dan h1 hanya untuk judul homenya saja,, begitu tah kang, mohon pencerahannya.
  59. Ulasan Yang sangat Membangun Mas, Banyak Hal Baru yang Ane dapet disini thank's
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.